ALKITAB DARI ALLAH DAN SEMPURNA ADANYA

BUKU               :  VERBUM DEI ( ALKITAB : FIRMAN ALLAH )
                              Dari Halaman 58 - 67
PENULIS           :  W. GARY CRAMPTON
PENERBIT        :  MOMENTUM

Prolog
Sangat Jelas bahwa Alkitab di tulis oleh Allah yaitu lewat kuasa Roh kudus yang dihembuskan atau dinafaskan Allah sendiri kepada beberapa penulis yaitu para Nabi dan Rasul untuk mencatat wahyu Allah, orang – orang ini dipimpin oleh Roh Kudus sehingga tulisan – tulisan mereka tidak lebih dan tidak kurang dan tanpa kesalahan. Alkitab merupakan suara Tuhan atau FirmanNya Allah yang tertulis bagi kita manusia.
Pandangan – pandangan yang salah mengenai Inspirasi
Ada muncul beberapa pandangan yang menyimpang mengenai inspirasi dari Allah yang saya pribadi tidak sependapat dengan pandangan tersebut misalnya :

Pandangan bahwa para penulis Alkitab hanya digerakkan oleh Roh kudus pada suatu tingkat kehidupan kristen yang lebih tinggi, tetapi hal ini tidak menyebabkan adanya suatu tulisan yang dinafaskan oleh Allah. Ada pandangan juga bahwa tidak semua hanya bagian – bagian tertentu yang diinspirasikan oleh Allah ( hal – hal yang rohani saja sedangkan yang sejarah, ilmiah dan yang lainnya tidak ), ada juga pandangan Allah mungkin salah dalam menginspirasikan dan pandangan yang karena Alkitab di tulis oleh manusia yang berdosa maka pasti atau ada kemungkinan mengandung kesalahan juga.
Kebenaran Proposisional
Perlu kita ketahui bahwa kebenaran Alkitab itu ada dalam keteraturan yang masuk akal dan dapat dimengerti oleh setiap manusia kecuali mereka yang tidak mempercayainya, dalam setiap kata – kata yang tertulis terdapat proposisi atau aturan tata bahasa yang umum dan mengandung banyak pengertian, penerapan serta rencana – rencana dari Allah.
Bukti – bukti Alkitabiah
Kesemuanya itu dapat di buktikan dan menegaskan  kebenarannya dengan bukti – bukti internal ( dalam Alkitab ) dan eksternal ( di luar Alkitab ). Bukti - bukti internal misalnya mujizat – mujizat yang memang terjadi, penggenapan nubuatan mengenai Kristus yang sudah terjadi, sejarah dunia sama dengan yang tertulis di Alkitab, perubahan hidup orang – orang kristen, kesatuan isi dll.
Bukti eksternal misalnya tulisan – tulisan dari gereja mula – mula dan sejahrawan sekuler, penemuan – penemuan arkeologi, hasil – hasil sains dll. Kedua bukti – bukti tersebut memberi kita suatu keyakinan rasional dan “kepastian” dengan tentunya bantuan karya Roh Kudus yang ada pada kita.
Doktrin Inerransi
Alkitab yang dalam hal ini adalah manuskrip yang asli tidak dapat dipungkiri bebas dari kesalahan dan tidak menyatakan sesuatu yang bertentangan dengan fakta, lain halnya kalo mengenai berbagai terjemahan Alkitab atau penyalinan memang harus diakui ada beberapa bagian yang berbeda dengan manuskrip yang asli atau bahasa aslinya. Sehingga kita sebagai hamba Tuhan sangat perlu untuk melihat dan memeriksa kembali bahasa aslinya baik itu bahasa ibrani dan bahasa yunani, agar kita dapat memahami kata – kata dalam Alkitab secara tepat.
Alkitab juga mengklaim dan bisa dipertanggungjawabkan bahwa ajarannya sempurna. Rasul Paulus secara langsung menyatakan bahwa semua Alkitab ( Perjanjian lama dan Perjanjian baru ) diinspirasikan Allah dengan pandangan bahwa Alkitab benar – benar Firman Allah yang diwahyukan pada umat manusia melalui orang – orang  yang dipimpin oleh Roh kudus.
 Pemikiran tersebut selaras seperti terdapat dalam 2 Petrus 1 : 21 dan dalam 2 Timotius 3 dijelaskan bahwa yang diinspirasikan adalah Firman, maka kita mempunyai orang – orang yang digerakkan Allah menuliskan wahyu sempurna yang dinafaskan Allah, jadi secara tidak langsung, Firman yang dibaca dan didengar oleh kita sama halnya dengan sedang mendengarkan Allah.
Jadi Inerransi Alkitab bukanlah merupakan pernyataan sepihak dari Tuhan Yesus, nabi dan rasul – rasul tapi sudah merupakan pendirian dari Gereja dari masa ke masa. Jadi menyangkali inerransi Alkitab itu sama halnya dengan kita mengatakan dan menjuluki Allah pembohong dan jika kita menolak Firman Allah itu berarti secara tidak langsung kita telah menolak Allah yang adalah Firman itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages